Belajar Menulis Materi Stand Up Comedy
Bagi para pemula seperti kita - kita ini Mas Broo. Penting banget belajar dan delajar, Goa punya sedikit materi nih buat Mas Broo dan Bak Broo semua, tapi meteri ini sering keluar.
Seorang Comik wajib memiliki Ciri Kas. Ciri Kas ini sebagai bahan buat mater 1 ke 2 ke 3 agar berkesinambungan Mas Broo, sedikit materi dari Goa n semoga bermanfaat.
Tips Cara Menulis Naskah Stand Up Comedy
Berikutnya adalah memilih kata. Tahap ini dinamai diksi. Diksi menjadikan lelucon menjadi lebih tajam dan dapat ditangkap semua kalangan umur maupun strata sosial. Diksi bisa jadi sangat nyeleneh dan kontroversial. Ini dimaksudkan agar penonton lebih memperhatikan dan bertanya-tanya dengan lelucon apa yang akan kita sampaikan. Sebagai contoh comic bisa menggunakan kata bunting daripada kata hamil.
Mempelajari aksen dari berbagai suku bisa sangat membantu dalam menyusunan materi lawakan sehingga cerita dapat mengalir lebih lancar. Sebagai contoh, kata mengapa dengan aksen Batak akan terasa berbeda karena adanya kekhasan pada pengucapan huruf ‘e’.
Hal-hal yang dapat dilakukan saat menyusun naskah Stand Up Comedy, yaitu:
1. Persiapkan tema besar yang akan dibicarakan, perbanyaklah informasi tentang lawakan yang akan kita bawakan
2. Siapkan perkenalan yang sangat khas sebagai yang dapat menarik perhatian penonton
3. Siapkan puchline sebagai pembuka alur lawakan, punchline bisa berupa perkenalan yang digabungkan dengan lawakan pertama.
4. Membuat dan menghubungkan beberapa tema kecil
5. Membuat penutup yang fantastis, sehingga lawakan kita berkesan pada penonton
6. Perhatikan larangan pada Stand Up Comedy di Indonesia
7. Perhatikan jenis penonton, apakah cocok dan bisa menerima jenis lawakan kita atau tidak
Susunlah naskah Stand Up Comedy sesuai dengan gayamu agar lebih mudah dibaca sehingga kita dapat merasakan lelucon yang akan kita bawakan. Jangan takut lawakan kita garing. Kita bisa berlatih di depan teman-teman kita dulu.
George Carlin berkata, “Aku beruntung dapat mengkreasi IDEA menjadi SCRIPT (writing) kemudian DiPERFORMkan.”
Urutannya:
1. Ide (dalam pikiran) melayang-layang
2. Script (skenario), materi tertulis
3. Perform. – Menjadi sebuah aksi AUDIO-VISUAL-ACTING
Titik puncaknya adalah AUDIO-VISUAL-ACTING
Sajian hiburan fisik; hiburan-seni yang menggunakan diakfragma, nafas, otak, ekpresi tangan, kaki, alis mulus, hidung, dll. Semua bagian tubuh hampir berfungsi untuk menghidupkan poin no 2. Script (skenario), materi tertulis. Script itu Flat, natural, dan tak ada konteks Jadi Comedianlah yang menghidupkan isi script itu menjadi bentuk monolog yang ber 5D
1 -> Kita melihat sesosok Individu – Comedian; manusia bukan animasi.
2 -> Ide yang keluar dari pikiran comedian
3-> Ide yang bisa dirasakan dan dilihat lewat bayangan pikiran kita
4-> Cerita yang bisa membuat pendengar hanyut dalam emosi-tawa, bahkan emosi marah/ emosi superiority.
5-> Kita merasakan dalam wahana tawa yang begitu dahsyat.
Namun, jika kita melihat scipts mereka, kita hanya melihat kertas yang berisi coretan-coretan yang tak ada arti dan konteks. Tidak berisi empati dan emosi, lucunya pun tak dapat kita tangkap.
Namun, jika dijalankan oleh sang maestro comedy, materi itu HIDUP, terasa bernafas, merepresentasikan 5D, dan tentu merangsang audience untuk tertawa. Kesimpulan; Materi yang kita tulis di atas kertas hanya 5% dari hiburan, 95% adalah berada di otak comedian. Comedian harus menjewatahkan menjadi sebuah ide/gambar/suara/ yang dapat membuat kita tertawa.
Diposkan oleh Regina Saraswati di 07.40 Tidak ada komentar: Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook Beberapa Istilah dalam SUCI
elek
BalasHapusSemua orang bisa melawak, Tapi tidak semua orang bisa menjadi Stand Up Comedyan
BalasHapus