Rabu, 31 Januari 2018

PPL Prodi Sejarah PKIP Untag Banyuwangi 2017

PPL Prodi Sejarah PKIP Untag Banyuwangi 2017



     Prod Sejarah FKIP Untag Banyuwangi malakukan PPL (Penelitian Tindakan Lapanggan) pada Tahun 2017 kemarin, PPL merupakan salah satu Mata Kuliah wajib. Untuk angkatan 2014 memilih lokasi di Malang, tepatnya di Candi Singosari yang mempunyai sejarah panjang, selain itu bumbun percintaan antara Ken Arok dan Ken Dedes sangat mearik.




     Ken Arok Salah satu raja yang sangat terkenal di masanya, tidak hanya di tanah Jawa saja melaikan sampai ke tanah Banten (Bali). Peninggalan dari kerajaan Singosari sangatlah banyak, tetapi banyak juga yang hilan, dicuri, dan dikoleksi. Candi Singosari yang berada di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang adalah bukti kejayaan Kerajaan Singosari.
     Candi Singosari ini mempunyai tiga lapisan tau bagian, yakni kaki candi, badan candi, kepala candi. dalam badan candi terdapat empat pintu masuk yang semuanya menghadap ke mata angin. Dalam Candi Singosari terdapat Arca Dewa Dewi Hindu tepai ada satu ruanggan yang tidak terdapat Arca, melainkan Lingga Yoni yang sekarang tinggalk Yoni saja.



     Berdasarkan penyebutannya pada Kitab Negarakertagama pupuh 37:7 dan 38:3 serta Prasasti Gajah Mada bertanggal 1351 M di halaman komplek Candi, Candi Singosari merupakan tempat "pendharmaan" bagi raja Singasari terakhir, Sang Kertanegara, yang mangkat pada tahun 1292 akibat istana diserang tentara Gelang-gelang yang dipimpin oleh Jayakatwang. Kuat dugaan, Candi ini tidak pernah selesai dibangun.


Advabture
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar