Rabu, 07 Februari 2018

Air Terjun Awet Muda

Air Terjun Awet Muda


     Semilir angin menerpa pagi yang dingin,menambah dingin suasana di lereng pegunungan raung. Disalah satu wilayah barat Banyuwangi terdapat air terjun yang diyakini dapat membuat awet muda bagi siapa yang membasu muka tau mandi disalam nya. Antogan terletak didesa bunder-kec kabat-banyuwangi sekitar 6km dari Rogojampi kearah barat.


     Air biru jernih gemericik dari air terjun, air terjun ini dikelilingi batu besar yang mengelilingi separo dari pemandian, ada juga tempat yang dipercaya masyarakat sebagai salah satu tempat tawang alun bertapa yaitu disuatu tempat diantara batu-batuan yang terdapat sebuah celah batu yang hanya cukup untuk satu orang yang terdapat di lereng atas menuju jalan air terjun. Selain itu juga didalam dibalik air terjun ada rongga yang bisa dimasuki oleh beberapa orang. menurut orang tua di situ rongga itu juga salah satu tempat bertapa, suasananya sangat terasa aroma magis, ditambah lagi deretan batu sebesar rumah di sepanjang pinggir sebelah sungai.


     Air antogan berasal dari mata air yang berada diatas pegunungan dikaki gunung raung, airnya bersih, bening, sejuk sekali dan banyak orang meminum air sumber tersebut tanpa dimasak terlebih dahulu. Diyakini inilah tempat mandi bidadari kayangan mandi, banyak dari warga juga meyakini bahwa disinilah tempat bertemunya tawang alun dan bidadari yang dijadikan istri, oleh sebab itulah banyak yang percaya bahwa cinta abadi tawang alun dengan bidadari membuat orang yang membasuh muka atau mandi di dalam air terjun ini abadi atau awet muda.

Fiksi
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar