Proses Awal Penyebaran Islam di Indonesia
1. Pendapat-pendapat tentang Masuknya Islam ke Indonesia
Proses masuk dan berkembangnya budaya dan ajaran agama Islam ke Indonesia memunculkan beberapa pendapat. Para tokoh yang mengemuka-kan pendapat itu di antaranya ada yang langsung mengetahui tentang proses masuk dan tersebarnya budaya serta ajaran agama Islam di Indonesia, tetapi ada pula yang melalui berbagai bentuk penelitian seperti yang dilakukan oleh orang-orang Barat (Eropa) yang datang ke Indonesia karena tugas atau dipekerjakan oleh pemerintahnya di Indonesia (ketika Indonesia dikuasai oleh bangsa-bangsa Barat).
Proses masuk dan berkembangnya budaya dan ajaran agama Islam ke Indonesia memunculkan beberapa pendapat. Para tokoh yang mengemuka-kan pendapat itu di antaranya ada yang langsung mengetahui tentang proses masuk dan tersebarnya budaya serta ajaran agama Islam di Indonesia, tetapi ada pula yang melalui berbagai bentuk penelitian seperti yang dilakukan oleh orang-orang Barat (Eropa) yang datang ke Indonesia karena tugas atau dipekerjakan oleh pemerintahnya di Indonesia (ketika Indonesia dikuasai oleh bangsa-bangsa Barat).
Tokoh-tokoh yang mengemukakan pendapat tentang keberadaan budaya dan ajaran agama Islam di Indonesia di antaranya:
Marco Polo (1292) Dalam perjalanan pulang dari negeri Cina, Marco Polo mengunjungi Pulau Sumatera. Pelabuhan yang pertama dikunjunginya bernama Ferlec (disamakan dengan Perlak). Menurut Marco Polo, daerah Perlak banyak dikunjungi oleh pedagang Muslim. Keberadaan pedagang Muslim itu dapat mengubah keyakinan penduduk asli untuk memeluk ajaran agama Islam. Berita dari Marco Polo merupakan berita tertua yang menyatakan bahwa di Indonesia telah berkembang sekelompok penduduk Muslim, terutama pada kota-kota yang terletak di tepi pantai atau di tepi jalur pelayaran dan perdagangan pada saat itu.
Marco Polo (1292) Dalam perjalanan pulang dari negeri Cina, Marco Polo mengunjungi Pulau Sumatera. Pelabuhan yang pertama dikunjunginya bernama Ferlec (disamakan dengan Perlak). Menurut Marco Polo, daerah Perlak banyak dikunjungi oleh pedagang Muslim. Keberadaan pedagang Muslim itu dapat mengubah keyakinan penduduk asli untuk memeluk ajaran agama Islam. Berita dari Marco Polo merupakan berita tertua yang menyatakan bahwa di Indonesia telah berkembang sekelompok penduduk Muslim, terutama pada kota-kota yang terletak di tepi pantai atau di tepi jalur pelayaran dan perdagangan pada saat itu.
Mohammad Ghor Mohammad Ghor merupakan seorang tokoh yang berhasil menaklukkan dan menyebarkan Islam di Gujarat (India). Dalam penyebaran budaya dan ajaran agama Islam ke Indonesia, para pedagang Gujarat mempunyai peran yang sangat penting. Melalui hubungan yang dijalin antara para pedagang Gujarat dengan para pedagang dari Indonesia itulah budaya dan ajaran agama Islam berkembang ke Indonesia.
Ibn Batuta Ibn Batuta telah dua kali melakukan perjalanan ke dan dari China (1345-1346). la menemukan satu kerajaan Islam. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan Sultan yang mengikuti upacara Syafi'i. Ibn Batuta juga menyatakan bahwa daerah-daerah yang berada di sekitar negeri itu penduduknya belum memeluk agama Islam. Ibn Batuta juga menemukan satu makam Islam di kota Samudera yang berangka tahun 1421. Penemuan makam bercorak Islam ini, menandakan di daerah Samudera pada waktu itu telah berkembang agama Islam.
Diego Lopez de Sequeira Pada tahun 1509 Diego Lopez de Sequeira mengunjungi Pasai. la berpendapat bahwa Pasai merupakan pusat penyebar¬an budaya dan ajaran agama Islam terpenting dan pertama di Indonesia. Bahkan dari daerah Pasai inilah budaya dan ajaran agama Islam kemudian berkembang ke berbagai daerah di Indonesia.
Sir Richard Winsted menyatakan bahwa Parameswara (raja Malaka) telah memeluk agama Islam dan mengganti namanya menjadi Iskandar Syah. Hal ini dilakukan karena Malaka mempunyai posisi yang sangat strategis dalam aktivitas pelayaran dan perdagangan yang melalui Selat Malaka. Bahkan dalam perkembangan selanjutnya Malaka dijadikan sebagai pusat perdagangan dan penyebaran agama Islam di Asia Tenggara, termasuk juga ke Indonesia.
Melalui beberapa pendapat tersebut, diketahui bahwa budaya dan ajaran agama Islam telah berkembang di Indonesia. Diawali dengan perkembangan dan munculnya Kerajaan Samudera Pasai sebagai kerajaan Islam pertama di Indonesia. Dari Samudera Pasai inilah budaya dan ajaran agama Islam berkembang ke seluruh wilayah Indonesia. Namun, selain tokoh-tokoh tersebut, masih terdapat banyak tokoh-tokoh yang menyebutkan tentang masuk dan berkembangnya budaya dan ajaran agama Islam ke Indonesia.
2. Sumber-sumber Pendukung Masuknya Islam di Indonesia
Masuk dan berkembangnya pengaruh agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia diperkuat dengan beberapa sumber berita sejarah, baik yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri. Sumber-sumber berita itu di antaranya sebagai berikut.
Masuk dan berkembangnya pengaruh agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia diperkuat dengan beberapa sumber berita sejarah, baik yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri. Sumber-sumber berita itu di antaranya sebagai berikut.
Berita Arab Berita ini diketahui melalui para
pedagang Arab yang melaku-kan aktivitasnya dalam bidang perdagangan
dengan bangsa Indonesia. Para pedagang Arab telah datang ke Indonesia
sejak masa Kerajaan Sriwijaya (abad ke-7 M) yang menguasai jalur
pelayaran-perdagangan di wilayah Indo¬nesia bagian barat termasuk Selat
Malaka pada masa itu. Hubungan pedagang Arab dengan Kerajaan Sriwijaya
terbukti dengan adanya sebutan para pedagang Arab untuk Kerajaan
Sriwijaya, yaitu Zabaq, Zabay atau Sribusa.
Berita Eropa Berita ini
datangnya dari Marco Polo. la adalah orang Eropa yang kali pertama
menginjakkan kakinya di wilayah Indonesia, ketika ia kembali dari China
menuju Eropa melalui jalan laut. la mendapat tugas dari kaisar China
untuk mengantarkan putrinya yang dipersembahkan kepada kaisar Romawi.
Dalam perjalanannya itu ia singgah di Sumatera bagian utara. Di daerah
ini ia telah menemukan adanya kerajaan Islam, yaitu Kerajaan Samudera
dengan sebagai ibukota Pasai.
Berita India Berita ini menyebutkan
bahwa para pedagang India dari Gujarat mempunyai peranan penting dalam
penyebaran agama dan kebudayaan Islam di Indonesia. Karena di samping
berdagang, mereka aktif mengajarkan agama dan kebudayaan Islam kepada
setiap masyarakat yang dijumpainya, terutama kepada masyarakat yang
terletak di daerah pesisir pantai.
Berita China Berita ini berhasil
diketahui melalui catatan dari Ma-Huan, seorang penulis yang mengikuti
perjalanan Laksamana Cheng-Ho. la menyatakan melalui tulisannya bahwa
sejak kira-kira tahun 1400 telah ada saudagar-saudagar Islam yang
bertempat tinggal di pantai utara Pulau Jawa.
Sumber Dalam Negeri Terdapat sumber-sumber dari dalam negeri yang menerangkan berkembangnya pengaruh Islam di Indonesia.
Pertama,
penemuan sebuah batu bersurat di Leran (dekat Gresik). Batu bersurat
itu menggunakan huruf dan bahasa Arab, yang sebagian tulisannya telah
rusak. Batu itu memuat keterangan tentang meninggalnya seorang perempuan
yang bernama Fatimah binti Ma'mun (1028).
Kedua, makam Sultan Malikul Saleh di Sumatera Utara yang meninggal pada bulan Ramadhan tahun 676 H atau tahun 1297 M.
Ketiga,
makam Syekh Maulana Malik Ibrahim di Gresik yang wafat tahun 1419 M.
Jirat makam didatangkan dari Gujarat dan berisi tulisan-tulisan Arab.