Tempat Bersejarah Punden
PUNDEN
Sumiati 81 tahun (cucu dari nyai dan yai)
Ø Punden kui opo mak ? (Apa punden itu mbah ?)
Punden kui panggonane danyang, Punden digae uwong – uwong genduren lak arep nduwe gawe opo arep slametan. Lak ora ngadakne gendurten ndek punden wonge kenek alangan, mbuh mati opo lhoro. (punden itu tempatnya danyang, punden dibuat oleh orang – orang untuk genduren ketika mau menyelenggarakan acara besar atau mau selamatan )
Ø Punden kui opo kuburan ? (punden itu apa kuburan ? )
Uduk, kui panggonane danyang seng njogo kene. (bukan, itu tempatnya danyang yang menjaga desa sini)
Ø Sopo danyang’e punden ? (Siapa danyang nya punden itu ? )
Kui wong loro lanang karo wedok, seng wedok gae klambi jogja’an kotak – kotak seng lanang suwal’e putih klambine putih. Saben uwong dicetuk’i wujude bedo – bedo. ( itu orangnya laki – laki sama perempuan, yang perempuan memakai baju jogja kotak – kotak yang laki – laki celananya putih bajunya putih. Setiap orang ditemui dengan wujud yang berbeda – beda)
Ø Kok ngerti lak samean lak njerone punden kui wong kui ? (kok tahu kamu kalau isinya punden orang itu )
Yo eroh, aku ndisek sering dijak sujud mbah monah (ibuk’e mbah santo) nd sawah’e kidul punden kui. ( ya tahu, saya dulu sering di ajak sujud mbah monah (ibunya mbah santo) di sawahnya selatan punden itu.)
Ø Wong loro kui teko endi mak ? ( dua oarng itu dari mana mak ?)
Ketok’e teko jogja, wonge klambine jogjaan kok. (keliahatannya dari joga, orangnya bajunya jogja’an kok.)
Ø Punden kui enek ket kapan ? (Punden itu ada sejak kapan ?)
Ket cilikan ku yo wes enek, aku cilik yowes ngono kui. (sejak aku kecil ya sudah ada, aku kecil dulu ya udah begitu itu )
Ø Piye kok iso enek punden ? (Bagaimana kok bisa ada punden ?)
Ndisek kono kui kampong akeh uwong’e , mergakne jaman ndisek do wedi karo londo dadi wong – wong ndelek lak gae omah nde njero ora wani nde pinggir dalan gede. Kui kabeh leluhure wong kene. Ket ndisek punden yo ngono kui rungkut isine wet saman. (dulu disitu adalah kampung banyak orangnya, karena jaman dahulu semua takut sama belanda jadi orang – orang sembunyi kalau buat rumah di dalam tidak berani dipinggir jalan raya. Itu semua leluhur nya orang sini. Dari dulu punden ya memang lebat begitu isinya pohon sama.)
Ø Nyapo wong – wong wedi karo londo ? (Kenapa orang – orang takut sama belanda)
Yo mergakne londo mbedil’i wong –wong, dadi aku ndisek dijak melok bapak ibuk ku blayu blayu diuber londo lewat dalan andinge omah’e mbah santo, marek ngono ndelek ndek omah’e nyai karo yai (kui mbahku ndisek). Lak pas londo liwat kabeh uwong ndelek ndek omah’e nyai karo yai kui, karo yai kabeh dikongkon ndlosor murep, dadi telhung omah joglo gedi kui kebek isine uwong. Yai obong – obong dadi londo lewat ora eroh kui lak omah, eroh’e kui wit – witan. (ya karena belanda menembak orang – orang (warga pribumi), jadi saya dulu di ajak ikut bapak ibu saya lari – lari dikejar belanda (tentara belanda) lewat jalan dekat rumahnya mbah santo, setelah itu sembunyi di rumahnya nyai dan yai (kakek neneknya, saya). Kalau belanda lewat semua orang sembunyi dirumahnya nyai dan yai, sama yai semuanya disuruh tengkurap, jadi tiga rumah joglo besar itu penuh isinya orang. Yai bakar – bakar (Ritual jaman dahulu) jadi kalau nelanda lewat tidak tahu kalau itu rumah, ngelihatnya itu hanya pepohonan)
Ø Nyapo kok enek punden ? (Kenapa kok ada punden ?)
Yo punden kui digawe genduren karo digawe njaok dongo nde leluhur. Kono ndisek ki perkampungan akeh uwong’e, mergakne do wedi karo londo dadi ndelek nde kono gae omah nde kono , kui ndisek nde kono yo enek sumure maringono ditutup merggakne pas gae sumur ditanggapne gandrung, gandrunge ceblok, marek ngono ditutup wes. Ndisek wong wong gae sumur ra tau metu banyune, tapi basan gae sumur kui metu banyune mangkane ditanggapne gandrung , gandrunge jeblok, terus dijenengi sumur gandrung utowo anak punden mergakne yo rungkut. (ya punden itu dibuat genduren sama dibuat minta doa pada leluhur. Disitu dulu perkampungan banyak orangnya, karena pada takut sama belanda jadi sembunyi disitu buat rumah disitu, dulu disitu ada sumurnya setelah itu ditutup karena waktu membuat sumur ada pertunjukan gandrung, gandrungnya jatuh (kedalam sumur), setelah itu ditutup sudah. Dulu orang – orang membuat sumur tidak pernah keluar airnya, tetapi setelah buat sumur itu keluar airnya makanya ditanggap pertunjukan gandrung, gandrungnya jatuh, terus dinamai sumur gandrung atau anak punden karena lebat (ada pohonnya).
Kritik Narasumber.
Berdasrkan pengekuan dari Ibu Sumiati punden adalah tempat orang untuk melakukan ritual dan melakukan sukuran. Dari umur Ibu Sumiati dapat di simpulkan bahwa Ibu Sumiati lahir di masa belanda dengan perhitungan 2015 – 81 = 1934 Tahun, Belanda maninggalkan Indonesia pada Tahun 1942. Ibu Sumiati melanjutkan tradisi menjada punden setelah ibunya meninggal dunia.
Santono 65 tahun (pemilik punden)
v Opo punden kui mbah ? (apa punden itu mbah ?)
Punden kui panggone danyang cikal bakale dusun sumber luhur. (punden adalah tempatnya danyang cikal bakal nya dusun sumber luhur)
v Digawe opo punden kui mbah ? ( Dibuat apa punden itu mbah ?)
Yo digae njaok dongo nd leluhur, punden yo digawe genduren lak wong – wong arepe nduwe gawe mbuh manthu opo sunatan mesti kudu genduren nde punden. (ya dibuat minta doa pada leluhur, punden ya dibuat genduren kalau orang – orang mau mempunyai sebuah hajatan entah pernikahan ataupun khitanan selalu harus genduren di punden.)
v Sopo seng mbangun punden mbah ? (Siapa yang membangun punden ?)
Seng mbangun yo pak jono karetan, seng mbangun pagere punden.( yang membangun ya pak jono kareta, yang membangun pagarnya punden.)
v Sopo danyang seng nde njerone punden, mbah ? (siapa danyang yang ada didalamnya punden, mbah ? )
Danyang nde njerone punden yo mbah ireng mbi mbah putih, lanang wedok wonge.
(danyang didalamnya punden ya mbah ireng sama mbah putih, laki – laki sama perempuan orangnya)
v Punden kui asline nd endi mbah ? (punden itu aslinya dimana, mbah ? )
Yo nde kono kui, punden kui kan itungane mlebu sawah ku tapi bene digae lemah adat, digawe punden. (ya disitu itu, punden itu kan hitungannya masuk sawah saya tetapi biar dibuat tanah adat, dibuat punden.)
v Ket kapan dibangune punden ? (sejak kapan dibangunnya punden ? )
Alah, ket jaman ra enak, yo wes rupo ngono kui, wes rungkut bunder. Tapi lak mbangun pagere yo jek tas nde ingi kui, mbuh tahun 2008 opo piro. (alah, dari jaman yang gak enak, ya udah berwujud begitu itu, sudah lebat melingkar. Tapi kalau pembangunan pagarnya ya baru kemaren itu, gak tahu tahun 2008 atau berapa.)
v Nyapo kok seng mbangun pagere punden kok pak jono karetan mbah ? (mengapa kok yang membangun pagarnya punden itu pak jono karetan mbah ?)
Yo wong kui kan sering melek’an nd punden terus sering genduren nd punden. Dek’e iso sukses yo mergo njalok ndek punden kono mangkane sak iki wes sukses yo mbangun pagere punden kui. (ya orang itu kan sering begadang (bertapa semaleman)di punden lalu sering genduren di punden. Dia bisa sukses ya karena minta di punden situ makanya sekarang sudah sukses ya membangun pagarnya punden itu.)
v Piye kok iso enek uwite mbah nde tengah punden ? (Bagaimana kok bisa ada pohonnya mbah, di tengah tengah punden ?)
Yo ket mbiyen yo ngono kui wes rungkut. Kui sak iki ra enek seng wani ngetok wite nd punden seng wani mek bapaku ndisek, tau wong – wong ngetok wet nd punden maringono mati, seng keri bek (%%&%^&) mati mergo di cetuk’i wong punden. (ya dari dulu ya memang lebat begitu. Sekarang gak ada yang berani motong pohon di pohon yang berani dulu hanya bapak saya, pernah orang – orang memotong pohon di punden setelah itumeninggal, seng keri iki bude (%%&%^&) meninggal karena dihantui orang punden (danyang) )
Kritik Narasumber.
Bapak Santono adalah pemilik sawah yang didalam sawah tersebut terdapat punden, Bapak Santono hanya mendengar cerita dari mulut kemulut
Robi 19 tahun (orang yang sering genduren ke punden )
v Awakmu tau melok genduren ndek punden ? (Kamu pernah ikut genduren di punden ?)
Tau lak pas wong – wong genduren ndek punden aku yo melok genduren. (pernah, kalau orang – orang genduren di punden aku ya ikut genduren.)
v Nyapo kok slametan nd punden ? (Mengapa kok selamatan di punden ?)
Mbuh sopo kae kan arep nduwe gawe, wong lak arep nduwe gawe mesti yo genduren nd punden. (Gak tau siapa saja kalau mau punya hajatan, orang kalau mau punya hajatan harus genduren di punden.)
v Opo isine punden ? (Apa isinya Punden ?)
Yo watu watu gedi ngono kui, ndisek cilik’an ku, aku , yuyun, ika melok genduren nde punden. ika kui nglingguhi watu nde punden terus ra iso nghiseng. (Yo batu – batu besar gitu, dulu waktu aku kecil, aku yuyu, ika ikut genduren di punden. Ika duduk di batu besar punden terus gak bisa buang air besar.)
Kritik Narasumber.
Merdasarkan pengakuan dari Robi, batu yang ada didalam punden itu bertuah alis dikeramatkan.
Tukiman 51 tahun (petani)
ü Opo to punden kui pakde ? (Apa to punden itu pakde ?)
Punden kui yo isine danyang, (punden itu ya isinya danyang)
ü Sopo ? (Siapa ?)
Yo mbah putih karo mbah ireng.( Ya mbah putih dan mbah ireng.)
ü Samean opo eroh ?(Kamu apa pernah lihat ?)
Yo, jarene wong tuwek – tuwek kui (Ya, katanya orang tua – tua itu)
ü Po yo tau dicetuk’I samean ? (Apa ya pernah ditemui kamu ?)
Yo ora, tapi jarene wong – wong yo kui og’e isine. (Ya enggak, tetapi katanya orang – orang ya itu isinya (penunggunya))
ü Wedi po ra ngiyup, leren ndek punden lak pas nde sawah panas ? (Takut gak, berteduh , istirahat di punden kalau waktu di sawah panas ?)
Yo ra wani ngiyup rono mergakne kan angker, ndisek tau enek uwong ngetok wet saman nde punden maringono wonge kabeh mati, sak seng ngepek kayune cilik – cilik enek wong akeh kok’e (ya gak berani berteduh kesitu karena kan angker, dulu pernah ada orang memotong kayu saman di punden setelah itu orangnya semuanya mati, beserta yang ngambil kayu kecil – kecilnya (rantingnya) ada orang banyak kok)
Kritik Narasumber.
Bapak Tukiman hanya mendengar detita dari tetangga dan warga sekitar kalau ada kasus warga meningal setelah mengambil kayu dari punden. Bapak Tukiman juga tidak pernah bertemu dengan penjaga punden tersebut, bebarti bapak Tukiman mengkait kaitkan kejaian medinggalnya masyarakat dengan penebagan pohon di punden
Sri 38 tahun (Yang pernah punya hajatan)
§ Tau ngadakne slametan nde punden bek ?(pernah mengadakan slametan di punden bude ?)
Yo tau yo pas arep nduwe gawe ngono kui, aku genduren disek nd punden. Karo lak mari panen ngono gendurene ndisek nd punden , tapi sak iki genduren nde tengah dalan kene nd prapatan iki. (Ya pernah waktu punya hajatan begitu itu, saya genduren dulu di punden. Sama kalau habis panen begitu genduren dulu di punden, tetapi sekarang genduren di tengah jalan sini di perempatan sini.)
§ Sopo bek danyange punden ? (Siapa bude danyangnye punden ?)
Yo mbah ireng karo mbah putih kui. (ya mbah ireng sama mbah putih kui )
§ Trus kui opo bek ? (terus apa itu bude ?) (sambil menunjuk punden kecil)
Kui jenenge punden cilik. Kui ndisek sumur mari ngono ditanggapne gandrung marek ngono gandrung tibo kecemplung sumur. Terus sumure ditutup.(Itu namanya punden kecil. Itu dulu sumur setelah itu ditanggap gandrung, gandrungnya jatuh kecebur sumur. Kemudian sumurnya ditutup.)
Kritik Narasumber.
Ibu Sri melakukan selametan untuk bukti kasih kayang kepada tuhannya melalui punde, menurut pengakuan ibu Sri selamatan dilakukan di jalan sebelum masuk punden. Karena punden berada di tengah sawah, ribet untuk membawaya masuk.
INTERPRESTASI
Berdasarkan pengakuan dari orang – orang yang saya wawancarai menjelaskan bahwa punden itu tempat dayang. Disitu terdapat embah putih dan embah ireng. Punden bisa dibilang penjada seduah desa, apabila tidak melakukan selametan di punden maka akan terjadi gagal panen bahkan kematian karena ada yang menebang pohon di punden tersebut.
Punden ini salah satu alat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, alam dan leluhur. Punden bagi sebagaian orang adalah tempat yang menakutkan dan krtamat oleh karena itu sebagaian orang meminta sesuatu pada tempat tersebut seperti minta nomer togel.
Bagi beberapa orang lain adalah sumber rejeki karena ketika ada selametan otomatis mendapatkan makanan, dan mendapatkan rahmat dari dayangan
HISTORIOGRAFI
Apa itu punden ? Berdasarkan buku yang yang saya baca “ENSIKLOPEDI INDONESIA” Edisi khusus P/SHF (5) Punden adalah tempat pemujaan, biasanya pemujaan terhadap arwah nenek moyang. Kaitanya dengan sumber – sumber yang saya dapatkan pada tahap pengumpulan data (heuristik). Bahwa didaerah punden atau sekitar punden dahulunya adalah pemukiman cikal bakal masyarakat desa Benculuk, itu dibuktikan dengan pepunden itu sendiri, kesaksian sesorang yang dulu pernah hidup dimasa tersebut. Selain itu ada juga bukti lain yaitu berupa nama dusun didaerah punden bernama dusun sumberluhur, yang berarti sumber atau tempat berasal para nenek moyang, cikal bakal.
Siapa mbah putih dan mbah ireng ? masyarakat benculuk menyebutnya mereka sebagai dhanyang penunggu punden sumberluhur. Dhanyang berarti orang yang dianggap sebagai cikal bakal suatu masyarakat. Dari penuturan Ibu sumiati (81) bahwa Orang – orang yang menetap atau tinggal disekitar punden dulunya mereka berasal dari kulonan (orang mentaraman dan madura. Contohnya adalah nyai dan yai mereka adalah kakek dan nenek ibu sumiati (81) yang berasal dari pulau madura datang dan menetap disekitar punden.
Mungkin disebut dengan mbah putih dan mbah ireng dikarenakan dulu tidak ada pabrik, sehingga mereka membuat baju sendiri dan warnanya putih dan hitam. Makanya mereka disebut dengan mbah ireng dan mbah putih.
Dari mana dhayang berasal? kemungkinan mereka berasal dari rakyat kerajaan mataram atau mungkin pasukan kerajaan mataram yang tidak ingin kembali lagi ke kerajaan, sehingga menetap di daerah sekitar punden atau dusun sumber luhur. Hal ini dapat dibuktikan dengan 3 bukti :
1. Sumber sejarah mengatakan bahwa kerajaan mataram pernah menyerang kerajaan blambangan yang dipimpin oleh sultan agung pada tahun (1613 – 1646 ).
2. Dilihat dari antropologi, kebudayaan masyarakat sekitar punden seperti kebudayaan masyarakat jawa tengahan, tidak cenderung seperti kebudayaan osing yang banyak dipengaruhi budaya bali.
3. Bahasa dan logat masyarakat sekitar punden atau masyarakat benculuk menggunakan bahasa jawa jogja. Tidak menggunakan bahasa osing.
Dimana letak punden ? letak punden berada ditengah tengah sawah yaitu berada pada sawah milih bapak santono (65) yang kebetulan adalah sepupu dari ibu sumiati (81). Sehingga luas sawahnya terpotong oleh luas punden beserta pagarnya yang kini dijadikan sebagai tanah adat.
Kapan punden mulai ada ? beberapa sumber yang saya dapat tidak mengetahui pasti sejak kapan punden itu ada, mereka hanya menyebutkan punden ada sejak dulu, sejak mereka masih kecil. Tetapi dilihat dari tumbuhan saman yang ada di punden kurang lebih umur punden sekitar 200 – 250 tahun karena besar diameter saman tersebut yang tumbuh disekitar punden dan sumber sejarah mengatakan bahwa sebab orang - orang yang tinggal disekitar punden karena mereka takut dengan belanda sehingga mereka tinggal jauh dari jalan, bukti bahwa belanda pernah masuk ke wilayah sumber luhur atau benculuk dibuktikan dengan Jawatan sebagai pusat penimbunan kayu pada masyanya, jarak lokasi punden dengan Jawatan tersebut berkisar 740 M.
Bagaimana terbentuknya punden ? Punden terbentuk dengan sendirinya dengan kisaran waktu 200 tahun sampai 250 tahun yang lalu. Punden dulunya adalah tempat pemukiman warga pribumi yang menepat sebelum terbentuknya dusun sumber luhur. Mereka yang menetap didaerah sekitar punden dianggap sebagai nenek moyang dan cikal bakal masyarakat dusun sumber luhur. Dengan alasan tersebutlah maka nama dusun didaerah punden adalah sumber luhur yang masuk desa Benculuk kecamatan Cluring. Karena pernah ditinggali oleh cikal bakal desa maka tempat tersebut dikeramatkan dan dijadikan sebuah tempat pemujaan arwah dan tempat genduren untuk menghormati para arwah leluhur yang telah membabat dan membangun desa. Tetapi dipunden sumber luhur tidak terdapat makam leluhur, isinya hanya batu, dan pepohonan yang rindang.
Mengapa Diadakan genduren dipunden ? Genduren dalam bahasa jawa berarti makan bersama. Genduren bertujuan untuk meminta restu kepada danyang, bila seseorang akan melaksanakan sebuah pesta, hajatan, bersih desa. Agar para danyang memberi ijin kepada orang yang mau mempunyai hajatan. Tidak hanya untuk meminta ijin untuk melakukan sebuah hajatan, bila masyarakat sekitar punden panen raya maka diadakan sebuah syukuran berupa genduren dilokasi punden.
Genduren juga mempunyai makna filosofi, bahwa kita sebagai manusia harus saling berbagi, saling tolong menolong dengan menjunjung tinggi rasa toleransi. Dikatakan toleransi, dengan genduren akan menyatukan umat beragama makan bersama dalam tempat dan waktu yang bersama – sama tanpa dipisahkan oleh latar belakang agama yang berbeda. Karena dusun sumber luhur mempunyai pemeluk agama yang beragam, ada Islam, agama kejawen, kristen, khatolik, dan hindu.
Mengapa muncul mitos, Kalau orang yang menebang pohon dipunden akan celaka ?
Para leluhur kita dulunya hanya untuk menakuti penerusnya agar tetap mencintai alamnya, tidak menebang pohon sembarangan. Dimungkinkan bila tidak ada mitos akan maka tumbuhan yang ada dipunden akan ditebang. Itu terbukti dari persawahan didekat punden dulunya banyak sekali pohon – pohon besar seperti kayu randu, jati, saman, delima kini semua pohon – pohon itu sudah tumbang ditebang oleh orang – orang pemilik sawah, karena tidak adanya sebuah mitos.
Jadi mitos, secara antropologi hanya digunakan untuk membentuk suatu pola perilaku masyarakat yang sesuai dengan norma - norma yang berkembang di masyarakat itu juga. Artinya mitos sebagai celah untuk seseorang melanggar norma atau aturan yang berlaku dimasyarakat.
AGAMA
Mata Kuliah Agama Islam 2014
Manasih Haji dan Umroh
PETUNJUK HAJI DAN UMRAH
Ilmu Sosial Budaya Dasar
pengarun tehnologi informasi terhadap nilai nilai sosial, budaya, dan kemanusiaan
Makalah Konserfasi Mangruf
Makalah Reboisasi Hutan
Pengantar Ilmu Sejarah
Manfaat dan Fungsi Sejarah
Kausalitas Sejarah
Eksplanasi Sejarah
Tempat Bersejarah Punden
Pengantar Ilmu Pendidikan
Makalah Pendidikan Anak Luar Biasa
Sejarah Kebudayaan indonesia
BUDAYA JAWA HANYA TINGGAL SEJARAH BILA ORANG JAWA KELUAR DARI HINDU
SOSIOLOGI