Sabtu, 31 Januari 2015

PETUNJUK HAJI DAN UMRAH


PETUNJUK HAJI DAN UMRAH  TUNTUNAN IBADAH HAJI,
UMRAH DAN ZIARAH KE MASJID NABAWI


Saudaraku yang budiman,  Dalam  melakukan  ibadah  haji  terdapat  tiga  cara, yaitu: Tamattu, Qiran dan Ifrad. 

Haji  Tamattu’ ialah  berihram  untuk  umrah  pada bulan-bulan haji (Syawwal, Dzulqaidah dan sepuluh hari pertama  bulan  Dzulhijjah),  dan  diselesaikan  umrahnya
pada  waktu-waktu  itu.  Kemudian  berihram  untuk  haji dari  Mekkah  atau  sekitarnya  pada  hari Tarwiyah  (tgl.  8 Dzulhijjah) pada tahun umrahnya tersebut. 
Haji  Qiran ialah,  berihram  untuk  umrah  dan  haji sekaligus, dan terus berihram (tidak tahallul) kecuali pada hari  nahr  (tgl.  10  Dzulhijjah).  Atau  berihram  untuk umrah  terlebih  dahulu,  kemudian  sebelum  melakukan  thawaf umrah memasukkan niat haji. 
Haji Ifrad ialah, berihram  untuk haji     dari      miqat   atau dari  Mekkah  bagi  penduduk  Mekkah,  atau  dari tempat  lain  di  daerah  miqat  bagi  yang  tinggal  disitu, kemudian  tetap  dalam  keadaan  ihramnya  sampai  hari nahr,  selanjutnya melakukan  thawaf,  sa’i,  mencukur rambut dan bertahallul. 
Ibadah  haji  yang  lebih  utama  ialah  haji  Tamattu’, karena  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wa  sallam memerintahkan  hal  itu  dan menekankannya  kepada  para shahabat.

Cara Melakukan Umrah.
1. Apabila  anda  telah  sampai  di  miqat,  maka  mandilah dan  pakailah  wangi-wangian  jika  hal  itu memungkinkan, kemudian kenakanlah pakaian ihram (sarung dan selendang), lebih utama berwarna putih. Bagi  wanita  boleh  mengenakan  pakaian  yang  ia sukai, asal tidak menampakkan perhiasan. Setelah itu berniat ihram untuk umrah seraya mengucapkan:
“Kusambut  panggilan-Mu  untuk  melaksanakan umrah.  Kusambut  panggilan-Mu  yaa  Allah,  ku sambut  panggilan-Mu,  tiada  sekutu  bagi-Mu,  ku sambut  panggilan-Mu,  sesungguhnya  segala  puji, nikmat,  dan  kerajaan  adalah  milik-Mu,  tiada  sekutu bagi-Mu “.
Bagi  kaum  pria  hendaknya  mengucapkan talbiah  ini dengan  suara  keras,  sedangkan  bagi  wanita hendaknya mengucapkannya dengan suara pelan. Kemudian  perbanyaklah  membaca talbiyah,  dzikir dan  istighfar  serta  menganjurkan  berbuat  baik  dan mencegah kemunkaran.
 2. Apabila  anda  telah  sampai  di  Mekkah,  maka lakukanlah thawaf di Ka’bah sebanyak tujuh putaran, mulai dari Hajar Aswad sambil bertakbir dan selesai di  Hajar  Aswad  pula.  Bacalah  zikir  serta  doa  yang anda  kehendaki.  Antara  Rukun  Yamani  dan  Hajar Aswad sebaiknya anda membaca:
“Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan  kebaikan  di  akhirat,  dan  lindungilah  kami  dari siksa api neraka “
Kemudian  setelah  thawaf,  lakukanlah  shalat  dua rakaat  di  belakang  maqam  Ibrahim  walaupun  agak jauh  dari  tempat  tersebut  jika  hal  itu  mungkin,  jika tidak  mungkin,  lakukan  di  tempat  lain  di  dalam masjid.
3. Kemudian  keluarlah  menuju Safa                                     dan naiklah  ke  atasnya  sambil  menghadap  Ka’bah, bacalah  tahmid  serta  takbir  tiga  kali  sambil mengangkat kedua tangan, bacalah doa dan ulangilah setiap  doa  tiga  kali  sesuai  sunnah  Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu ucapkanlah:
Tiada Tuhan yang patut disembah selain Allah Yang Maha  Esa,  tiada  sekutu  bagi-Nya,  hanya  bagi-Nya segala kerajaan dan hanya bagi-Nya segala puji, Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tiada Tuhan yang patut  disembah  selain  Allah  Yang  Maha  Esa,  yang menepati  janji-Nya  dan  memenangkan  hamba-Nya serta telah menghancurkan golongan kafir sendirian 
Ucapkanlah  bacaan  tersebut  tiga  kali,  dan  tak mengapa apabila anda baca kurang bilangan itu. 
Kemudian  turunlah  dan  lakukanlah  sa’i  umroh sebanyak tujuh kali putaran dengan berjalan cepat di antara  tanda  hijau  dan  berjalan  biasa  sebelum  dan sesudah  tanda  tersebut,  kemudian  naiklah  anda  ke atas Marwa, lalu  bacalah takbir dan  tahmid tiga  kali apabila  mungkin  sebagaimana  yang  anda  lakukan  di Safa. 
Dalam  thawaf  ataupun  Sa’i,  tidak  ada  bacaan  zikir wajib yang khusus untuk itu. Akan tetapi dibolehkan bagi  yang  melakukan  thawaf  atau  sa’i  untuk membaca  zikir  dan  do’a  atau  bacaan  Al  Quran  yang mudah  baginya,  dengan  mengutamakan  bacaan-bacaan  zikir  dan  doa yang  bersumber  dari  tuntunan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
 4. Bila  anda  telah  selesai  melakukan  sa’i,  maka cukurlah dengan  bersih  (gundul)  atau  pendekkan  rambut kepala anda. Dengan demikian selesailah umrah anda dan selanjutnya  anda  diperbolehkan  melakukan  hal-hal  yang tadinya menjadi larangan ihram. 
Apabila  anda  melakukan  haji  Tamattu,  maka  wajib bagi  anda  menyembelih  hewan  pada  hari Nahr,  yaitu seekor kambing atau sepertujuh onta/sapi, jika anda tidak mendapatkannya,  maka  anda  wajib  melakukan  puasa sepuluh  hari;  tiga  hari  di  waktu  haji,  dan  tujuh  hari setelah anda pulang ke keluarga anda. 
Dan  lebih  utama,  anda  lakukan  puasa  tiga  hari sebelum  hari  Arafah,  jika  anda  melakukan  haji  Tamattu atau Qiran.

Cara Melakukan Haji
1. Jika anda melakukan haji Ifrad atau Qiran, hendaklah anda  berihram  dari  miqat  yang  anda  lalui.  Dan  Jika anda  tinggal  di  daerah  miqat,  maka  berihramlah menurut niat anda dari tempat tersebut.
Dan  jika  anda  melakukan  haji  Tamattu,  maka berihramlah  dari  tempat  tinggal  anda  pada  hari Tarwiyah,  yaitu  tanggal  8  Dzulhijjah.  Mandilah  dan pakailah  wangi-wangian  lebih  dahulu  sekiranya  hal itu  memungkinkan,  kemudian  kenakanlah  pakaian ihram, lalu berniatlah dengan membaca:
 2. Kemudian keluarlah menuju Mina. Lakukanlah shalat Zuhur,  Ashar,  Maghrib,  Isya  dan  Shubuh  di  sana, dengan  cara  meng-qhasar shalat  yang  empat  rakaat (Zuhur,  Ashar  dan  Isya)  menjadi  dua  rakaat-dua rakaat  pada  waktunya  masing-masing,  tanpa  jama’ (digabung). 
 3. Apabila  matahari  telah  terbit  pada  hari  kesembilan Dzul  hijjah  (esoknya),  maka  berangkatlah  anda menuju  Arafah  dengan  tidak  tergesa-gesa  dan hindarilah  jangan  sampai  mengganggu  sesame jamaah haji. Di Arafah lakukanlah shalat Dzuhur dan Ashar  dengan jama’  taqdim  (menggabungkan  dua waktu shalat dilaksanakan di awal waktu) dan qhasar  dengan satu kali azan dan dua kali iqamat.
 Tentang  wukuf  ini,  anda  harus  yakin  bahwa  anda benar-benar  telah  berada  di  dalam  batas  Arafah (bukan  di  luarnya).  Dan  perbanyaklah  di  sini  zikir dan  doa,  sambil  menghadap  kiblat  dan  mengangkat kedua  tangan,  mencontoh  apa  yang  dilakukan Rasulullah shallallahu  'alaihi  wa  sallam.  Padang Arafah seluruhnya merupakan wukuf, dan hendaklah anda tetap berada disana hingga matahari terbenam.
4. Apabila  matahari  telah  terbenam,  berangkatlah menuju  Muzdalifah  dengan  tenang  sambil  membaca talbiyah,  dan  hindarilah  jangan  sampai  mengganggu sesama  muslim.  Sesampainya  anda  di  Muzdalifah, lakukanlah  shalat  Maghrib  dan  Isya  dengan  jama’ dan qhasar. Hendaklah anda menetap di sana  hingga anda melakukan shalat Shubuh. Setelah selesai shalat Shubuh  perbanyaklah  doa  dan  zikir  hingga  hari tampak  mulai  terang,  sambil  menghadap  kiblat  dan mengangkat  kedua  tangan,  mengikuti  tuntunan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
5. Kemudian  berangkatlah  sebelum  matahari  terbit menuju  Mina  sambil  membaca  talbiyah.  Bagi  yang udzur,  seperti  wanita  dan  orang-orang  yang  lemah, boleh  berangkat  menuju  Mina  pada  malam  itu  juga setelah  lewat  pertengahan  malam.  Dan  pungutlah  di Muzdalifah  batu-batu  kecil  sebanyak  tujuh  biji  saja untuk  melempar  jumrah  Aqabah.  Adapun  yang  lain cukup  anda  pungut  di  Mina.  Demikian  juga  tujuh batu  yang  akan  anda  pergunakan  untuk  melempar jumrah  Aqabah  pada  hari  raya,  tak  mengapa  bagi anda untuk memungutnya di Mina.
6. Apabila  anda  telah  tiba  di  Mina,  lakukanlah  hal-hal dibawah ini:
a. Lemparlah  jumrah  Aqabah,  yaitu  jumrah  yang terdekat  dari  Mekkah,  dengan  tujuh  batu  kecil secara berturut-turut sambil bertakbir pada setiap kali lemparan.
b. Sembelihlah  kurban  jika  anda  berkewajiban melakukannya  dan  makanlah  sebagian dagingnya,  serta  berikan  sebagian  besarnya kepada orang-orang fakir.
c. Bercukurlah  dengan  bersih  (gundul)  atau pendekkan  rambut  anda,  akan  tetapi  mencukur bersih  lebih  utama.  Sedang  bagi  wanita  cukup menggunting  ujung  rambutnya  kurang  lebih seujung jari.  Lebih  utama jika  ketiga  perkara  ini dilakukan secara tertib. Namun tak mengapa jika anda dahulukan yang satu dari yang lain.
Apabila  anda  telah  selesai  melempar  dan mencukur,  berarti  anda  telah  melaksanakan
tahallul  Awwal,  dan  selanjutnya  anda  boleh mengenakan  pakaian  biasa  dan  melakukan  hal-hal yang tadinya menjadi larangan ihram, kecuali berhubungan dengan istri.
7. Kemudian  berangkatlah  menuju  Mekkah  dan lakukanlah thawaf Ifadah, setelah itu lakukanlah Sa’i jika  anda  melakukan  haji  Tamattu,  atau  jika  anda melakukan  haji  Qiran  atau  Ifrad  akan  tetapi  anda belum  melakukan  sa’i  sebelumnya  (setelah  tawaf qudum). Setelah itu anda diperbolehkan berhubungan suami-istri (Tahallul Tsani). 
Thawaf  Ifadah  ini  boleh  di  akhirkan  pelaksanaannya hingga  berlalunya  hari-hari  Mina,  baru  kemudian menuju Mekkah setelah melempar seluruh Jumrah.
8. Setelah  thawaf  Ifadhah  pada  hari Nahr,  kembalilah ke  Mina.  Bermalamlah  di  sana  pada  hari  Tasyriq, yaitu tgl. 11, 12, dan 13 dan tidak mengapa jika anda bermalam hanya dua malam saja.
9. Lemparlah  ketiga  jumrah  selama  anda  menetap  dua atau  tiga  hari  di  Mina  setelah  matahari  tergelincir.
Anda  mulai  dari  Jumrah  Ula,  yaitu  yang  jaraknya paling  jauh  dari  Mekkah,  kemudian jumrah  Wustha (tengah)  dan  selanjutnya  jumrah  Aqabah,  setiap  jumrah  dilempar  dengan  tujuh  batu  kecil  secara berturut-turut  sambil  bertakbir  pada  setiap  kali lemparan.
Jika  anda  menghendaki  untuk  menetap  selama  dua hari  saja,  hendaklah  anda  meninggalkan  Mina sebelum  matahari  terbenam  di  hari  kedua  itu  (Nafar Awwal).  Dan  jika  ternyata  matahari  telah  terbenam sebelum  anda  keluar  dari  batas  Mina,  maka hendaklah  anda  bermalam  lagi  pada  malam  hari ketiganya  dan  melempar  jumrah  pada  hari  ketiga  itu (Nafar  Tsani).  Lebih  utama  hendaknya  anda bermalam pada malam ketiga tersebut.
            Bagi  yang  sakit  atau  yang  lemah,  boleh  mewakilkan kepada  orang  lain  untuk  melempar  jumrah,  dan  bagi siapa  yang  mewakili  (orang  lain),  melempar  untuk dirinya sendiri terlebih dahulu, kemudian untuk yang diwakilinya dapat dilaksanakan sekaligus dalam satu tempat jumrah.
10. Apabila  anda  hendak  kembali  ke  kampung  setelah menyelesaikan segala amalan haji,lakukanlah thawaf wada’, kecuali bagi wanita yang sedang datang bulan (haidh) dan yang nifas.

AGAMA

Mata Kuliah Agama Islam 2014

Manasih Haji dan Umroh

PETUNJUK HAJI DAN UMRAH


Ilmu Sosial Budaya Dasar

pengarun tehnologi informasi terhadap nilai nilai sosial, budaya, dan kemanusiaan

Makalah Konserfasi Mangruf

Makalah Reboisasi Hutan


Pengantar Ilmu Sejarah

Manfaat dan Fungsi Sejarah

Kausalitas Sejarah

Eksplanasi Sejarah

Tempat Bersejarah Punden


Pengantar Ilmu Pendidikan
Makalah Pendidikan Anak Luar Biasa

Sejarah Kebudayaan indonesia

BUDAYA JAWA HANYA TINGGAL SEJARAH BILA ORANG JAWA KELUAR DARI HINDU


SOSIOLOGI

Stratifikas Sosial

Makalah Pemulung

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar