Sabtu, 31 Januari 2015

Cara menentukan arah tanpa menggunakan Kompas

Cara menentukan arah 
tanpa menggunakan Kompas


     Traveler merupakan orang yang selalu menjelajah ke segala tempat baik itu gunung ataupun hutan yang sangat lebat, seorang traveler harus tahu arah mata angin maka dari itu mereka menggunakan kompas untuk mengetahui arah tersebut, namun bagaimana jika dia lupa membawa kompas ?
 

     Mungkin kita akan berfikir tidak akan pernah bisa kembali tanpa menggunakan kompas, akan tetapi jangan anda putus semangat menjelajahi indahnya dunia ini. jika anda lupa membawa kompas anda bisa melakukan cara mencari arah tanpa menggunakan kompas berikut agar anda tidak tersesat.
 

     Berikut beberapa cara mencari arah tanpa menggunakan kompas

     1. Jarum dan silet di permukaan air
     Cara pertama untuk menentukan arah tanpa menggunakan kompas adalah dengan menggunakan jarum. Caranya mudah sekali kita tinggal menusukan jarum pada gabus yang tipis kemudian kita ambil wadah yang berisi dengan air kemudian kita letakan tusukan jarum dalam gabus itu diatas permukaan air tersebut. Maka jarum akan menunjukan arah utara ataupu arah selatan.

     2. Melihat kuburan islam dan juga kristen
     Jika kita tersesat pada suatu pedesaan kita dapat menentukan arah tanpa menggunakan kompas dengan kita melihat kuburan yang ada disana karena pada umunya kuburan menunjukan arah utara-selatan. Tapi cara ini hanya berlaku dikawasan indonesia saja.

     3. Masjid atau mushola
     Ketika anda sudah mencari kuburan dan tak kunjung ketemu anda bisa mencari masjid atau mushola karena masjid menggunakan patokan arah kiblat. Masjid di indonesia menggunakan kiblat kearah barat, jadi ini bisa menjadi cara menunjukan arah tanpa menggunakan kompas.

     4. Melihat jam dan matahari
     Untuk mencari arah tanpa menggunakan kompas kita juga dapat menggunakan posisi matahari namun sebelum anda melihat posisi matahari alangkah baiknya anda melihat jam, karena matahari terbit dari barat dan selalu mengalami pergeseran setiap jamnya.

     5. Malihat bayangan benda
     Ketika kita tersesat pada waktu siang hari dan tidak membawa kompas kita dapat mencari arah dengan melihat bayangan suatu benda, jika pada siang hari bayangan cenderung condong kearah barat, namun jika pagi hari bayangan cenderung condong kearah timur.

     6. Memanfaatkan pohon
     Jika kita tersesat didalam sebuah hutan yang begitu lebat, kita dapat mencari arah dengan cara mencari terlebih dahulu pohon yang berukuran besar, kemudian kita amati pohon tersebut, jika sisi pohon itu kering maka menunjukan arah barat, namun jika berlumut menunjukan arah timur. Dan jik a kita tersesat pada malam hari kita dapat meraba pohon besar tersebut dan merasakannya, jika sisi pohon tersebut hangat maka menunjukan arah barat.

     7. Bintang
     Ketika kita tersesat pada malam hari yang sangat minim penerangan, kita janganlah panik cobalah memanfaatkan keindahan bintang. Kita dapat menentukan arah melalui rasi bintang Orion, bintang orion merupakan perpaduan bintang yang sangat terang. Dan rasi ini berbentuk seperti kalajengking. Jika kita melihat rasi ini maka menunjukan arah barat.

     Ketika kita tersesat dalam suatu tempat yang kita tidak tahu arah yang benar kemana, kita janganlah panik. Karena panik akan membuat kita tidak bisa berfikir secara cerdas.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar