Selasa, 18 November 2014

Eksplanasi Sejarah

EKSPLANASI SEJARAH

A.1. Pengertian Eksplanasi
            Eksplanasi  sejarah merupakan padanan kata dari penjelasan sejarah atau keterangan sejarah. Fakta mengandung unsur kepastian yang tidak dapat disangsikan, meskipun persoalan tentang fakata yang tidak kita sadari terdapat fakta-fakta yang dianggap kurang memadai untuk menentukan suatu peristiwa dengan kepastian sebagai
            contoh apakah Iskandar Agung meninggal akibat diracun atau alami?, tetapi andai kata ada keragu-raguan biasanya tidak timbul kesukaran. Tidak ada seorangpun yang menyangsikan bahwa meletusnya perang. Perang  Dunia I TERJADI PADA BULAN Agustus 1914.
            Jadi Eksplanasi sejarah adalah suatu proses yang menunjukkan fakta peristiwa-peristiwa tertentu dihubungkan dengan peristiwa –peristiwa lain. Arti penting dari Eksplanasi sejarah adalah menunjukkan kualitas yang sesungguhnya mengenai peristiwa sejarah.

B.1. Contoh Eksplanasi
1.Gedung Imam Bonjol I sebagai monument proklamasi
             Dalam harian kompas tanggal 26 juni 1971, dimuat berita bahwa gubernur jakarta Ali Sadikin telah memerintahkan kepada pemilik atau penghuni tiga gedung bersejarah di jakarta agar melakukan pengurusan atau perawatan terhadap gedung tersebut hingga saat yang ditetapkan pemerintah DKI Jakarta tiba.
            Tiga gedung tersebut adalah pertama, gedung stovia asrama masyarakat Ambon di jalan. Dr.Abdurrachman Saleh 26, yaitu bekas gedung stovia, tempat di mana sutomo dan kawan-kawannya pada 20 mei 1908  membentuk perkumpulan budi utomo .Kedua, adalah gedung jalan keramat raya 106,tempat sumpah pemudah pada tanggal 28 oktober 1928 di ikrarkan. ketiga adalah gedung menteng raya 31, yang menjadi pusat kegiyatan penuda pada tahun 1945.

A.2.TINDAKAN TEPAT
            Tindakan pemerintah DKI jakarta tepat sekali sebagai salah satu usaha melindungi berbagai gedung sejarah di ibu kota dari bahaya pemusnahan. Sebab beberapa waktu yang lalu gedung di jalan DR.abdurrachnan saleh 26 hampir-hampir saja di musnahkan, untuk di bangun gedung baru di bekasnya. Untung saja saat ini ada seorang tokoh pergerakan yang mengetahuinya dan sejara melaporkannya kepada gubernur Ali sadikin.
            Sehingga pemusnahannya bisa di cegah. Kiranya lebih baik lagi kalau pemerintah DKI jakarta cepat-cepat pula menentukan langkah selanjutnya menangani langsung perawatan dan pemeliharaan gedung bersejara tersebut.

B.2.PERISTIWA SEJARAH
            Dimasa penduduk jepang gedung imam bonjol 1 menjadi  tempat berdiaman laksamana (L)Maede,seorang perwira tinggi jepang yang diam-diam bersimpati pada perjuangan kemerdekaan  indonesia dan dekat para tokoh politik indonesia seperti soekarno-hatta dan  MR.Soebardjo di gedung itulah pada tanggal 16 agustus 1945 tengah malam, teks proklamasi kemerdekaan indonesia di rumuskan oleh soekarno-hatta.
            Mengapa di pilih rumah maede, karena di rumah perwira tinggi angkatan laut jepang itulah yang pada saat itu di mulai paling aman dari pengawasan kempaitai (polisi militer) jepang. Hal itu penting penting karena pada tengah malam itu soekarno-hatta telah memperoleh kepastiyan bahwa pemerintah jepang, tidak merestui rencana kedua proklamator untuk memproklamasisan kemerdekaan indonesia.

AGAMA
Mata Kuliah Agama Islam 2014
Manasih Haji dan Umroh
PETUNJUK HAJI DAN UMRAH

Ilmu Sosial Budaya Dasar
pengarun tehnologi informasi terhadap nilai nilai sosial, budaya, dan kemanusiaan
Makalah Konserfasi Mangruf
Makalah Reboisasi Hutan

Pengantar Ilmu Sejarah
Manfaat dan Fungsi Sejarah
Kausalitas Sejarah
Eksplanasi Sejarah
Tempat Bersejarah Punden

Pengantar Ilmu Pendidikan
Makalah Pendidikan Anak Luar Biasa

Sejarah Kebudayaan indonesia
BUDAYA JAWA HANYA TINGGAL SEJARAH BILA ORANG JAWA KELUAR DARI HINDU

SOSIOLOGI
Stratifikas Sosial
Makalah Pemulung
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar