Kamis, 12 Februari 2015

Wisata Banyuwangi Air terjun Kalibendo

Wisata Banyuwangi
Air terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo memiliki ketinggian sekitar 10 M dan berada di dalam kawasan Agro Wisata Kalibendo, yang terletak di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Jaraknya sekitar 15KM dari kota Banyuwangi ke arah barat daya, satu arah dengan lokasi wisata Gunung Ijen. Di kawasan Kalibendo ini terdapat perkebunan karet, kopi dan cengkeh.

Untuk menuju lokasi Air Terjun Kalibendo, dari pusat kota Banyuwangi perjalanan diarahkan ke Terminal Sasak Perot di Desa Bakung, Kecamatan Glagah. Selanjutnya lurus ke arah barat hingga tiba di pertigaan Patung Barong di Desa Banjarsari.  Dari pertigaan ini mengambil arah lurus melintasi Desa Kemiren hingga desa Tamansuruh. Selanjutnya perjalanan diteruskan beberapa menit hingga masuk Desa kampung anyar.
Setelah masuk gerbang PT Perkebunan kalibendo dan membayar tiket  yang relatif murah, kendaraan dapat diparkir di tempat yang disediakan di depan gedung pertemuan.

Dari sini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak, melewati lapangan sepakbola, perkebunan cengkeh dan pohon bendo. Jalannya sangat menanjak dan melewati puluhan anak tangga, sehingga cukup menguras tenaga. Sebaiknya pengunjung jangan datang dalam keadaan perut kosong.

Selanjutnya akan tiba di sungai dengan jembatan di atasnya.  Di pinggir sungai ini banyak ditemui beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman. Pengunjung biasanya mandi atau turun di sungai ini, terdapat kamar ganti baju di tempat ini. Namun harus hati - hati karena banyak lintah nya.
Setelah menyeberangi jembatan kayu selebar 1 m di atas sungai tersebut tampak menghampar perbukitan dan tanaman heterogen.

Dari jembatan tersebut perjalanan diteruskan (masih melewati jalan setapak) di sepanjang tebing di sisi atas sungai, sejauh  kurang lebih 300 m ke arah barat hingga tiba di sungai lagi.  Dan akhirnya ikuti aliran sungai tersebut dengan menyusurinya hingga bertemu dengan tikungan sungai yang dikelilingi tebing. Di balik ujung sungai bertebing itulah lokasi air terjun nya.