Kamis, 12 Februari 2015

Wisata Kuliner Kupat Lodoh

Wisata Kuliner Kupat Lodoh


     Kuliner Kupat Lodoh ini umumnya hanya dijumpai pada saat lebaran Idul Fitri dan lebaran Idul Adha. Namun jika anda berkunjung ke warung Wouese yang berada di Jalan Idjen, persis di depan lapangan di Kecamatan Glagah, Anda bisa menikmati salah satu kuliner suku Using ini. Si pemilik warung sengaja menyajikan Kupat Lodoh agar masyarakat bisa menikmati setiap saat.

     Kupat Lodoh adalah kupat (ketupat) yang disajikan dengan ayam yang dimasak dengan lodoh. Rahasia kenikmatan Kupat Lodoh memang terdapat pada rahasia bumbu lodohnya. Lodoh dibuat dari parutan kelapa yang sudah tua, lalu disangrai tanpa minyak. Setelah kering selanjutnya ditumbuk sampai halus dan keluar minyaknya. Bentuknya seperti pasta yang lembut.

     Setelah lodoh siap, bumbu halus yang terdiri dari merica, kemiri, ketumbar, pala, jahe, jinten, kayu manis, cabai besar, cabai rawit, laos, kunir, serai, garam dan gula dihaluskan.

     Setelah dihaluskan, bumbu ditumis dan ditambahkan air secukupnya, kemudian dimasukkan lodohnya. Setelah mendidih baru ayamnya dimasukkan dan dimasak jadi satu selama kurang lebih setengah jam agar bumbunya masuk. Ayam yang digunakan harus ayam kampung dan digoreng sebentar saja.

     Sepotong ayam dengan bumbu lodoh dinikmati dengan ketupat terasa tercampur sempurna di mulut. Bumbu lodoh yang gurih dan sedikit pedas menyatu bersama dengan ayam kampung . Warna kuahnya yang berwarna cokelat pas dicocol dengan ketupat janur. Rasa gurih dari kelapanya dijamin akan membuat Anda ketagihan.

Wisata Kuliner Pecel Pitik

Wisata Kuliner Sego Tempong

Wisata Kuliner Sego Cawuk

Wisata Kuliner Rujak Soto

Wisata Kuliner Jangan Uyah Asem

Wisata Kuliner Ayam Pedes

Wisata Kuliner Pecel Rawon

Wisata Kuliner Sop Kesrut

Wisata Kuliner Kupat Lodoh

Wisata Kuliner Lontong Campur

Wisata Kuliner Botok Tawon

Wisata Kuliner Sayur Dan Sambal Lucu

Wisata Kuliner Pelasan Uling

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar