Kamis, 12 Februari 2015

Wisata Banyuwangi Air terjun Selogiri

Wisata Banyuwangi Air terjun Selogiri


     Air terjun Selogiri terletak kira-kira 13 km ke arah utara kota Banyuwangi. Kawasan wisata ini masuk wilayah administrasi Kecamatan Kalipuro. Dinamakan  Air Terjun Selogiri karena lokasinya berada di daerah Perkebunan PTPN XII Selogiri. Sebagaimana air terjun lain di Banyuwangi yang lokasinya masuk area perkebunan, diperlukan perjuangan untuk mencapainya, karena harus melalui jalan yang masih berbatu atau jalan makadam.

     Untuk menuju lokasi Air Terjun Selorejo bisa menggunakan motor trail atau sport, jangan motor matik mengingat medannya yang berbatu. Jika naik mobil sebaiknya memakai mobil dengan penggerak empat roda atau four wheel drive (4WD). Jika terpaksa memang bisa dicapai dengan kendaraan niaga. Tetapi, jangan sekali-kali menggunakan kendaraan roda empat yang bertipe sedan atau SUV.


     Dari Banyuwangi kota melewati jalan raya menuju Pelabuhan penyeberangan Ketapang, menuju ke utara untuk sampai di wilayah Perkebunan Selogiri sejauh 3KM. Setelah melewati terminal Bus, Anda akan menjumpai papan petunjuk menuju ke Air Terjun Selogiri, lalu yang mengarah sebuah jalan yang tidak terlalu lebar.

     Anda harus masuk ke gang di sebelah kiri jalan tersebut untuk menuju Perkebunan  PTPN XII Selogiri. Dari jalan raya, Air Terjun Selogiri hanya berjarak 7KM atau kira-kira ditempuh selama 40 menit dengan mobil. Anda akan memasuki kawasan hutan dengan mayoritas tanaman kayu jati. Jangan kaget jika di tengah hutan Anda menjumpai perkemahan tentara, karena memang wilayah tersebut sering dipakai kegiatan latihan militer. 

     Setelah sampai di perbatasan Perhutani, Anda akan menemukan jembatan dengan papan petunjuk berisi ucapan selamatan datang di Hutan Pendidikan Blok Selogiri. Lanjutkan perjalanan sampai Anda menjumpai PAL ARBORETUM, yang berarti Anda sudah berada di lokasi Air Terjun Selogiri.

     Dari sini suara gemuruh air terjun terdengar sayup-sayup, yang menandakan bahwa letaknya sudah tidak jauh lagi. Tidak ada tempat parkir di tempat tersebut, jadi biarkan kendaraan Anda di pinggir jalan dan lanjutkan perjalanan sekitar 200m lagi melalui jalan setapak menuju arah AirTerjun Selogiri.


Wisata Alam Cagar Alam Baluran

Wisata Alam Kawah Ijen

Wisata Alam Kawah Bulan Sabit Di Kawah Ijen

Wisata Alam Agrowisata Banyu Lor

Wisata Alam Agrowisata Kalibendo

Wisata Alam Jawatan

Wisata Alam Pemandian Uumbul Pule

Wisata Alam Arum Jeram Di Kali Badeng

Wisata Alam Air terjun Lider

Wisata Alam Air terjun Terjun Setaman

Wisata Alam Air terjun Watu Kurung

Wisata Alam Air terjun Tirto Kemanten

Wisata Alam Air terjun Telunjuk Dewa Raung

Wisata Alam Air terjun Giri Asih

Wisata Alam Air terjun Selendang Arum

Wisata Alam Air terjun Segombang

Wisata Alam Air terjun Antogan

Wisata Alam Air terjun Sello Tirto

Wisata Alam Air terjun Kalibendo

Wisata Alam Air terjun Kalongan

Wisata Alam Air terjun Selogiri

Wisata Alam Air terjun Jahir

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar