Kamis, 12 Februari 2015

Wisata Kuliner Sop Kesrut

Wisata Kuliner Sop Kesrut


     Sop Kesrut, nama kuliner yang satu ini mungkin asing bagi warga luar Banyuwangi. Atau tidak sedikit warga Banyuwangi sendiri yang belum mengenalnya. Kuliner kuno suku Osing ini salah satu hidangan yang mulai langka ditemukan.

     Di Banyuwangi, hanya ada beberapa warung saja yang sediakan menu ini. Salah satunya warung milik Rodiyah (50), di Dusun Krajan Desa Segobang, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Persisnya di pertigaan jalan menuju Ijen Resto.

     Isi dari Sop Kesrut terbilang sederhana. Yakni hanya kaldu kental dan belungan ayam kampung didalamnya. Adapula daun bawang didalamnya yang menambah kesan segar pada kuahnya. Meski sederhana, Sop Kesrut merupakan menu yang paling dicari para penikmatnya.

     Rasa kaldunya yang gurih, sedikit asam serta pedas menjadi ciri khasnya. Biasanya, Sop Kesrut disantap bersama nasi berlauk daging ayam kampung goreng. Yang menjadi unik, meski sangat pedas, Sop Kesrut wajib dinikmati dengan sambal tempong yang pedasnya minta ampun.

     Jika sudah begitu, maka dijamin hidung akan meler karena menahan sengatan pedasnya Sop Kesrut. Konon, dinamakan Sop Kesrut, karena setiap orang yang menyantapnya akan 'kesrut-kesrut' menahan ingus yang akan keluar dari hidungnya.

Wisata Kuliner Pecel Pitik

Wisata Kuliner Sego Tempong

Wisata Kuliner Sego Cawuk

Wisata Kuliner Rujak Soto

Wisata Kuliner Jangan Uyah Asem

Wisata Kuliner Ayam Pedes

Wisata Kuliner Pecel Rawon

Wisata Kuliner Sop Kesrut

Wisata Kuliner Kupat Lodoh

Wisata Kuliner Lontong Campur

Wisata Kuliner Botok Tawon

Wisata Kuliner Sayur Dan Sambal Lucu

Wisata Kuliner Pelasan Uling

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar