Senin, 16 Februari 2015

Wisata Banyuwangi Pantai Wedi Ireng

Wisata Banyuwangi
Pantai Wedi Ireng


     Dibandingkan pantai Pulau Merah, pantai yang satu ini jelas kalah populer, meskipun masih berada dalam satu jalur. Masalahnya lokasinya sulit terjangkau. Padahal keindahannya tidak kalah, oleh Teluk Hijau sekali pun. Bahkan ada kemiripan antara pantai Wedhi Ireng dengan pantai Teluk Hijau. Bentuknya seperti huruf "W". Namun pantai Wedhi Ireng memiliki garis pantai yang lebih panjang. Ada dua sisi pantai di Wedhi Ireng, tapi dipisahkan oleh bebatuan di tengah pantai.

     Pantai Wedhi Ireng letaknya di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan pantai ini belum banyak dirambah wisatawan. Meski tanpa tiket masuk, namun pengunjung wajib menjaga keasrian tempat ini dan membawa pulang sampah yang dihasilkan.

     Jika pantai selatan umumnya terkenal dengan ombaknya yang tinggi, namun berbeda dengan Wedhi Ireng, keindahan teluk berpasir putih diapit bukit-bukit hijau serta ombaknya yang landai akan menyambut kedatangan wisatawan. Anda pasti akan betah berlama-lama menikmati indahnya pantai wedi ireng ini. Teluk yang sunyi, pasir yang bersih, pepohonan besar nan rindang, hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi dan birunya lautan adalah perpaduan sempurna yang memberi kedamaian dihati.

     Pantai Wedhi Ireng relatif masih belum banyak terjamah oleh wisatawan, jadi kondisi alamnya masih bener-bener masih alami. Keunikan pantai ini terletak pada beberapa elemen yang membentuknya, yaitu pasir halus putih, pasir coklat yang agak kasar dan hamparan batu karang yang menambah eksotisnya pantai Wedhi Ireng.






RUTE MENUJU PANTAI WEDHI IRENG
     Tidak sulit menemukan pantai Wedhi Ireng, tapi dibutuhkan perjuangan untuk mencapainya. Dari pusat kota Banyuwangi, jaraknya sekitar 65 km yang bisa ditempuh selama tiga hingga empat jam perjalanan. Dari Banyuwangi menuju ke Kecamatan Jajag dan ikuti petunjuk jalan menuju Pulau Merah. Wilayah Pedotan merupakan pusat keramaian terakhir dari jalan yang dilewati. Di sini dapat dibeli perbekalan dan keperluan pribadi karena selanjutnya tak ada pertokoan.

     Sebelum Pulau Merah, ikuti petunjuk jalan menuju Pantai Pancer,  yang jaraknya sekitar 3 km dari Pulau Merah. Dari Pancer ada dua jalan menuju Wedhi Ireng yang berjarak sekitar 2 km di sebelah barat. Pertama dari tempat pelelangan ikan Pancer lurus mengikuti jalan sekitar dua km. Anda jangan segan bertanya ke warga sekitar dan menitipkan kendaraan Anda di sana.

     Pilihan jalan kedua, parkir kendaraan di sekitar TPI dan dilanjutkan dengan jalan kaki menuju muara sungai. Pilihan ini hanya direkomendasikan untuk penyuka petualangan karena harus menyebrangi muara, naik turun bukit serta melewati hutan. Di pagi hari, mudah saja melewati muara, karena air hanya setinggi betis. Namun di siang hari, laut pasang sehingga harus menyeberang dengan kapal nelayan, ongkosnya hanya Rp 5 ribu.

     Setelah menyeberangi muara, ada dua jalan setapak. Pilih yang kanan atau jalan di sebelah barat dan dari sini Anda akan melewati bukit penuh pohon pisang sebelum masuk hutan. Sekitar 30 menit berjalan di bawah rerimbunan daun dan ditemani kicauan burung-burung liar, kondisi jalan cukup curam dengan kemiringan sekitar 80 derajat, sehingga harus ekstra berhati-hati. Selain itu sewaktu melewati semak belukar banyak ranting-ranting pohon yang berduri, karena itu jangan lupa untuk membawa sebatang kayu sebagai perlindungan diri dari duri-duri yang tajam.

     Lelah perjalanan akan terbayarkan oleh pemandangan yang indah pantai Wedhi Ireng di depan mata. Bagi pengunjung yang tidak memiliki cukup waktu,  perjalanan menuju pantai Wedhi Ireng ini bisa juga dilakukan menggunakan perahu milik para nelayan di Dusun Pancer, Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran. Dengan ongkos Rp 40 ribu, Anda bisa diantar jemput menggunakan perahu kecil. Namun bila hanya untuk mengantar atau menjemput di Pantai Wedi Ireng, nelayan hanya mematok harga Rp 25 ribu.


     Daripada terus penasaran cobalah Anda keruk pasir pantainya yang kekuningan, di sana Anda akan menemukannya sekaligus menjawab pertanyaan tentang keterkaitan nama Wedhi Ireng untuk pantai yang indah ini.


TIPS MENUJU WEDHI IRENG
- Jangan lupa membawa bekal air minum sebanyak mungkin, karena Anda pasti sangat kehausan sesampainya di pantai Wedhi Ireng dan jangan berharap ada yang jual makanan-minuman.
- Tidak ada salahnya sewaktu masih di TPI Pancer membeli ikan sebagai bahan pengisi perut setelah melewati perjalanan yang sangat menyita energi. Tentu sangat mengasyikkan membakar ikan di tepi pantai sambil menikmati panorama indah sekeliling pantai.
- Siapkan kayu atau bambu untuk menyibak rimbunnya semak belukar yang dilewati di tengah hutan, sekaligus untuk melindungi badan dari duri-duri belukar yang tajam.
- Jangan meninggalkan sampah di pantai. Ingat, wisata ya wisata, ambil indahnya, jangan tinggalkan kotoran setelahnya.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar