Selasa, 10 Februari 2015

Wisata Kuliner Sego Cawuk

Wisata Kuliner Sego Cawuk


     Kuliner asli Banyuwangi ini paling enak dihidangkan untuk menu sarapan pagi atau juga saat makan siang. Nasi Cawuk ini dihidangkan bersama parutan kelapa yang diberi air matang, yang dilengkapi irisan kecil mentimun dan jagung. Biasanya, kuah khas Using ini diberi juga ikan teri.

     Sebagai lauk pendamping, Sego Cawuk disantap bersama pepesan ikan laut pedas dan telur ayam atau itik rebus. Bagi yang suka pedas bisa menambahkan sambal tomat. Dinamakan Sego Cawuk, karena dahulu cara memakannya tidak menggunakan sendok atau biasa disebut warga Banyuwangi, Cawuk. Di Banyuwangi hanya warung-warung tertentu yang menyediakan menu Sego Cawuk. Semisal disamping Gedung Wanita, Banyuwangi. Itupun hanya ada dipagi hari saja.

     Kuliner khas Banyuwangi asli ini paling enak serta nikmat bila dihidangkan untuk menu sarapan pagi atau bisa juga untuk makan siang. Nasi Cawuk biasa dihidangkan bersama dengan parutan kelapa yang ditambah dengan air matang, dilengkapi irisan mentimun diiris kecil-kecil serta di tambah jagung. Jika anda suka biasanya, kuah khas dari Suku Using (suku using banyuwangi) ini diberi ikan teri. Sebagai lauk pendamping untuk Sego Cawuk bisa dinikmati bersama-sama pepesan ikan laut yang pedas dan telur ayam rebus atau itik rebus. Bagi anda yang selera pedas bisa menambahkan sambal tomat yang cukup membuat ekstrim di lidah.


     Menurut sejarah orang tempatan kenapa menu yang satu ini disebut dengan nasi cawuk? karena dahulu penikmat menu ini belum ada sendok untuk makan Sego Cawuk, mereka hanya menggunakan tangan untuk bisa menikmatinya. yang artinya nasi cawuk bukanlah nama asli sebenarnya namun itu hanya bentuk kiasan dari bahasa jawa yang berarti nasi dimakan tidak menggunakan sendok makan melainkan langsung menggunakan tangan. inilah keunikan kuliner khas dari banyuwangi. Untuk mendapatkan menu khas Banyuwangi ini terbilang masih jarang karena hanya warung warung makan tertentu saja yang menyediakan menu Sego Cawuk. Kalau anda ingin menikmati Sego Cawuk anda harus datang ke  Gedung Wanita kota Banyuwangi. namun perlu anda ketahui bahwa warung yang menyediakan nasi cawuk ini mungkin hanya tersedia dipagi hari saja.

Wisata Kuliner Pecel Pitik

Wisata Kuliner Sego Tempong

Wisata Kuliner Sego Cawuk

Wisata Kuliner Rujak Soto

Wisata Kuliner Jangan Uyah Asem

Wisata Kuliner Ayam Pedes

Wisata Kuliner Pecel Rawon

Wisata Kuliner Sop Kesrut

Wisata Kuliner Kupat Lodoh

Wisata Kuliner Lontong Campur

Wisata Kuliner Botok Tawon

Wisata Kuliner Sayur Dan Sambal Lucu

Wisata Kuliner Pelasan Uling

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar